Beternak Makanan Ikan Cupang Bagian 2

Pada artikel berikut ini, saya akan menulis artikel Cara Beternak Makanan Ikan Cupang Bagian 2. Bagian pertama sudah dijelaskan secara umum dan sederhana. Pembahasan bagian 2 juga akan dibahas secara sederhana. Pembahasan yang ada antara lain Microworms, dan Vinegar Eels.


1. Microworms


Microworms bisa dijadikan makanan pengganti untuk burayak ikan cupang selain menggunakan kutu air. Selain mudah dikultur, microworms juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk burayak ikan cupang. Kelemahan yang dimiliki oleh microwroms adalah, apabila takaran yang diberikan ke wadah ikan terlalu banyak dan tidak habis dimakan oleh burayak ikan, maka sudah bisa dipastikan akan air akan tercemar. Microworms tidak dapat bertahan hidup dalam air terlalu lama. Berbeda dengan kutu air yang bisa hidup di air. Jadi tetaplah berhati-hati dalam penggunaannya.

Microworms mempunyai peranan yang sangat penting ketika musim hujan tiba. Karena pada musim hujan, biasanya kutu air akan sangat sulit diperoleh. Sehingga microworms menjadi salah satu sumber makanan pengganti bagi burayak ikan. Tempat yang dibutuhkan untuk membudidayakan microworms tidak terlalu besar. Kalian bisa menggunakan mangkuk es cream atau media lainnya yang kecil dan memiliki penutup. Bahan-bahan yang diperlukan dalam membudidayakan microworms antara lain :


  • Bibit Microworms (dapat dibeli pada toko ikan dan peternak microworms).
  • Wadah budidaya, dapat menggunakan mangkuk es cream dan media lainnya yang memiliki penutup.
  • Roti tawar.
  • Ragi roti (dapat dibeli pada toko kue atau sembako).
  • Air putih.
  • Oat Meal.
  • Jarum.


Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, ikutilah langkah budidaya microworms berikut ini :


  1. Sediakan wadah yang akan menjadi tempat budidaya microworms.
  2. Susun roti tawar dengan rapi kedalam wadah budidaya
  3. Basahkan roti tawar yang ada didalam wadah (Jangan terlalu basah, secukupnya saja.). Cukup roti sampai lembab dan berair saja. Wadah budidaya jangan sampai tergenang air.
  4. Taburkan ragi roti 1/4 sendok makan pada permukaan roti tawar. Ragi roti yang ditaburkan harus merata dan tidak terlalu banyak.
  5. masukan bibit microworms kedalam wadah budidaya
  6. Tutup wadah budidaya supaya proses berkembang biak microworms tidak terganggu oleh binatang lain (Penutup wadah harus dilubangi terlebih dahulu menggunakan jarum agar terus terjadi siklus pergantian udara).
  7. Microworms yang sehat dapat dilihat dari warnanya. Jika berwarna putih, itu menandakan microworms yang kalian budidayakan memiliki tingkat kesehatan tinggi.
  8. Jika wadah microworms kalian sudah mulai menjadi warna abu-abu dan tampak tidak cerah, segera lakukan budidaya pada wadah yang lain dengan cara memindahkan 20-50% microworms yang ada pada wadah sebelumnya ke wadah baru.
  9. Budidaya dapat dilakukan secara berulang dengan teknik yang sama.
  10. Pemberian makan bisa dilakukan 2 minggu 1 kali. Cara yang dilakukan adalah, memindahkan microworms 70-85% ke wadah yang baru. Cara ini juga bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil panen kalian.
  11. Cara pemberian microworms pada wadah burayak ikan cupang dapat menggunakan berbagai macam alat contohnya adalah alat pembersih telinga. Pada umumnya peternak ikan menggunakan alat pembersih telinga sebagai alat utama untuk melakukan panen.
  12. Ambil microworms dengan alat pembersih telinga. Lalu microworms yang menempel pada alat pembersih telinga dicelupkan kedalam wadah dan microworms akan masuk kedalam air.
  13. Gambar alat pembersih telinga yang digunakan :



2. Vinegar Eels


Selain microworms, vinegar eels juga dapat digunakan sebagai pengganti sumber makanan untuk burayak ikan cupang. Vinegar eels memiliki ukuran yang lebih kecil dari microworms. Perbedaan antara vinegar eels dan microworms adalah, Vinegar eels hidup didalam air (cuka apel) dan microworms hidup di darat. Vinegar eels bisa bertahan hidup lebih lama didalam air dibanding microworms sehingga persentase tercemarnya air dapat dikecilkan.

Budidaya vinegar ells tidaklah sulit. Bahan yang diperlukan juga lebih sedikit dibanding budidaya microworm. Kesulitan dalam membudidaya vinegar eels adalah saat melakukan panen. Karena vinegar eels hidup didalam air cuka, maka ada teknik khusus yang harus digunakan agar panen bisa dilakukan dengan lancar dan vinegar eels aman di konsumsi oleh burayak ikan cupang. Alat yang perlu disediakan dalam budidaya vinegar eels adalah :


  1. Botol bekas sirup atau botol lainnya yang bisa digunakan untuk menyimpan air cuka.
  2. Apel yang sudah dipotong kecil.
  3. Cuka Apel / Cuka Asam.
  4. Gula 1/2 sendok teh.
  5. Air Minum.
  6. Kapas dan alat pembersih telinga.


Kapas dan alat pembersih telinga :


  1. Campurkan air dan cuku kedalam botol (Air dan cuku dibagi 50 : 50).
  2. Masukan gula 1/2 sendok teh, lalu aduk sampai rata.
  3. Masukan apel yang sudah dipotong kecil ke dalam botol.
  4. Setelah tahap 1 - 3 sudah dilakukan, campurkan bibit vinegar eels kedalam botol.
  5. Lakukan pengamatan selama 2-3 minggu sejak budidaya dilakukan.
  6. Apabila Vinegar eels sudah berkembang biak dan sudah memenuhi botol, maka budidaya kalian sudah siap dipanen.


Cara panen dapat dilakukan dengan teknik sebagai berikut :


  1. Siapkan kapas filter dan bentuk kapas tersebut menjadi bulatan yang muat untuk mulut botol.
  2. Siapkan juga botol yang berisi air putih atau air bersih.
  3. Masukan kapas filter kedalam botol botol budidaya (Ingat, hanya bagian ujung kapas yang mengenai cuka).
  4. Teteskan air pada permukaan kapas yang dimasukan dalam botol budidaya (yang dimaksud adalah kapas filter bagian atas yang sudah dimasukan dalam botol budidaya). Teteskan air pada kapas filter secukupnya.
  5. Biarkan selama +-30 Menit.
  6. Jika sudah 30menit, vinegar eels akan menembus kapas filter, dan celupkan kapas kedalam botol yang telah diisi air bersih (Ingat, jangan sampai bagian kapas filter yang terkena air cuka tercelup pada botol yang berisi air bersih).
  7. Lakukan hal ini secara berulang sampai anda selesai panen (Sisakan 20% vinegar eels apabila masih ingin membudidayakan).
  8. Apabila potongan apel sudah terlihat habis dan kurang bagus, beri potongan apel yang baru.


Contoh Vinegar eels yang siap panen





























































































Add to Cart

[11] Cara Beternak Makanan Ikan Cupang Bagian 2

0 komentar: