Melatih Cupang Petarung

Selain ikan cupang hias, terdapat juga ikan cupang petarung. Peternak ikan cupang petarung tidak mengharapkan bentuk sirip dan ekor bagus dan indah melainkan mental dan keganasan yang dimiliki oleh ikan cupang itu sendiri. Banyak peternak ikan cupang petarung mencari cara melatih ikan mereka agar lebih jago dan mempunyai mental dalam bertarung. Selain mental dan stamina, gigi yang di miliki oleh ikan cupang juga sangat mempengaruhi kekuatan menyerang ikan cupang.

Supaya bisa mendapatkan gigi yang kuat dan tajam, peternak ikan cupang akan memberikan sedikit serbuk obat penumbuh gigi bayi manusia ke dalam wadah ikan. Hal ini di percaya dapat menumbuhkan gigi yang tajam dan kuat pada ikan. Serbuk diberikan pada wadah burayak ikan yang baru berumur 1 bulan.

Banyak orang menggunakan ikan cupang petarung sebagai media perjudian. Ukuran ikan cupang petarung yang digunakan sangat bervariasi dan bermacam-macam. Dari umur 2 Bulan - 8 Bulan. Para pembeli lebih menyukai ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh kecil tapi sudah berumur 6-8 Bulan. Pembeli lebih menyukai ikan cupang yang berukuran kecil tapi sudah umur 6-8 bulan dikarenakan, ikan yang sudah berumur 6-8 bulan memiliki bentuk badan dan sisik yang sudah keras. Sehingga ikan tidak akan mudah terluka bila diserang oleh ikan cupang lain. Selain sisik, mental ikan cupang yang sudah berumur 6-8 bulan juga lebih baik dibanding yang baru berumur 2-5 bulan.

Perlu kalian ketahui, ada beberapa tahap dalam melatih ikan cupang biasanya dilakukan dengan teratur dan rutin. Sejauh yang saya tahu, tahap awal biasanya melakukan pelatihan pernafasan pada ikan cupang terlebih dahulu, setelah itu melatih daya tahan fisik dan stamina, setelah itu melatih mental ikan cupang. Ketiga tahap itu harus dilakukan kurang lebih 2-3 minggu dan biasanya sih 3 minggu. Ikan cupang adu mulai dilatih sejak dia kecil ketika berumur 1 Bulan 2 minggu.

Berikut ini akan saya jelaskan cara melatih ikan dari tahap awal sampai akhir. Tahap latihan yang pertama adalah tahap melatih pernafasan ikan cupang agar mampu menahan nafas lebih lama di dalam air. Ikuti langkah berikut ini :


  • Sediakan plastik panjang atau akuarium buatan sendiri. Ukuran yang dipakai harus berdiameter kecil. (Liat pada gambar).



  • Masukan ikan yang ingin dilatih ke dalam tempat yang sudah disediakan.
  • Setelah itu, bungkus tempat tersebut dengan plastik hitam dari atas sampai kebawah tapi pada bagian bawah biarkan terbuka setinggi 10cm. Hal ini dilakukan agar ikan selalu ke dasar air.
  • Ikan tetap diberi makan secara teratur untuk menjaga kondisi fisik mereka.
  • lakukan ini selama 1 minggu atau sesuai kemauan anda.
  • Ingat! Jangan melakukan pelatihan tahap kedua tanpa melewati latihan tahap pertama. Karena latihan tahap pertama merupakan tahap yang paling penting dalam melatih ikan cupang petarung


Tahap kedua yaitu tahap pelatihan fisik dan stamina , alat yang dibutuhkan adalah Toples seperti gambar di bawah ini dan satu buah sumpit. Cara melatih ikan cupang anda adalah seperti berikut :


  1. Masukan air 3/4 kedalam toples dan ikan.
  2. Sediakan satu sumpit. Sumpit digunakan sebagai alat untuk mengaduk air.
  3. Aduk dengan perlahan dan berlawanan dengan arah jarum jam selama 1 menit setelah itu biarkan ikan beristirahat 10-20detik. Lakukan ini sebanyak 10kali putaran.
  4. Setelah 10 Putaran, ulangi langkah no.3 tapi kali ini aduk searah jarum jam.
  5. Setiap hari lakukan dengan rutin pada jam yang sama, apabila ingin hasil yang maksimal, setiap hari tambahkan beberapa kali putaran. Contohnya : Jika hari pertama 10 kali putaran, maka besoknya 11 kali, besoknya lagi 12 kali, dan begitu seterusnya.
  6. Lakukan selama 1 minggu atau sesuai kemauan anda.


Tahap Ketiga sedikit ekstrem, dimana ini dilakukan untuk menempa mental ikan cupang agar tidak takut dan lebih berani. Alat-alat yang perlu disediakan yaitu Toples kecil yang memiliki tutup. Cara melatihnya seperti berikut (toples lain juga tidak apa-apa, yang penting meiliki tutup) :


  1. Isi air 3/4 dan campurkan ikan kedalam toples tersebut.
  2. Tutup toplesnya dengan benar dan baik agar tidak bocor.
  3. Kocok Toplesnya ke segala arah selama 10 detik untuk tahap awal. Setelah 10 detik, beri waktu istirahat untuk ikan 20 detik atau 30 detik dan setelah itu kocok lagi 10 detik.
  4. melakukan pengocokan sebanyak 10x atau sesuai kemampuan dari ikan, lakukan kegiatan ini setiap hari.
  5. Jika ingin hasil lebih bagus kocok ikan secara bertahap, hari pertama 10 detik, hari kedua 12 detik, hari ketiga 14 detik, dan seterusnya sesuai kemauan kalian.
  6. Ingat, , kalian harus memperhatikan kondisi ikan, jika ikan terlihat sakit dan lesu, jangan di paksa latihan, karena bisa mengakibatkan kematian.
  7. Setelah melakukan 3 tahap pelatihan, ikan anda sudah siap digunakan untuk bertarung. Perlu diketahui, sebelum melakukan pertarungan antar ikan, 2-3 hari sebelumnya ikan yang bersangkutan harus di istirahatkan dengan cukup dan diberi makan dengan teratur.


Tambahan :


  1. Selama pelatihan, gunakan air yang bersih yang sudah dicampur dengan daun ketapang. Beri waktu istirahat yang cukup untuk ikan anda, agar ikan kalian tidak kecapean, karena pelatihan yang terlalu dipaksa akan menghasilkan hasil yang jelek juga. Semoga sukses dengan latihannya dan ikan kalian selalu menang dalam pertarungan.
  2. Saya menyarankan untuk tidak menggunakan ikan cupang kalian dalam pertarungan yang beruntun. 1 Ikan cupang cukup 1 kali dalam melakukan pertarungan. Terapkan saran ini jika kalian ingin menghindari kekalahan. Saya menyarankan demikian karena ikan cupang yang sudah pernah terluka, sisiknya tidak akan sekeras pertama kali dan luka tersebut mudah terbuka kembali walaupun sudah disembuhkan.















































































































Add to Cart

[9] Cara Melatih Cupang Petarung

0 komentar: