Mempersiapkan Air yang Baik Untuk Ikan Cupang

Menyiapkan air yang bersih merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ikan. Air yang baik dan bersih juga bisa mendukung pertumbuhan ikan dengan cepat serta bisa membuat ikan dalam pertumbuhan sirip, ekor, dan tubuh. Air yang bersih juga bisa mendukung ikan untuk mendapatkan warna yang cerah dan bagus. Apabila kita tidak bisa mempersiapkan air yang baik untuk ikan, ada kemungkinan ikan akan cepat terserang penyakit dan mati. Pengalaman pribadi saya dalam merawat ikan cupang, saya pernah melihat ikan cupang saya mati bersamaan sebanyak lima belas ikan karena saya belum pandai menyediakan air yang baik untuk ikan cupang.

Banyak kejadian ikan mati tiba-tiba setelah melakukan penggantian air. Saya pernah ditanya seseorang yang membeli ikan saya. "Kenapa ikan yang saya rawat sering mati pada saat saya mengganti air?". Kesalahan terbesar peternak ikan cupang (terutama pemula) dalam mengganti air ikan cupang adalah langsung menggunakan air dari PAM atau PDMA. Kalau orang eropa menyebutnya air dari kran.

Saya tidak melarang anda menggunakan air PAM atau PDAM. Kalian boleh menggunakan air PAM atau PDMA apabila air tersebut sudah melalui proses pengendapan selama 2 hari. Air PAM dan PDAM banyak mengandung kaporit yang berbahaya untuk ikan dan karena itu, air yang berasal dari PAM harus melalui proses pengendapan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Disini, saya akan menjelaskan tahap dan cara mempersiapkan air yang baik untuk ikan cupang. Ada 2 cara menyiapkan air yang baik untuk ikan cupang. Pertama adalah cara yang mudah, dan yang kedua adalah cara yang sedikit sulit dan membutuhkan banyak biaya. Terserah kalian mau menggunakan cara yang mana. Saya akan menjelaskan cara yang mudah terlebih dahulu untuk kalian:

Cara Sederhana
Cara sederhana hanya memerlukan beberapa perlengkapan sebagai berikut:


  1. Tempat penampungan air yang memiliki tutup (ukuran sesuai kebutuhan anda)
  2. Garam khusus untuk ikan.
  3. 1 Lembar Daun ketapang yang sudah tua dan kering.


Setelah perlengkapan diatas sudah terpenuhi, maka lakukanlah cara seperti berikut ini. Pertama-tama isilah tempat penampungan air tersebut hingga penuh atau sesuai kebutuhan. Setelah air terisi penuh, masukan 1 lembar daun ketapang (jumlah daun ketapang yang dipakai tergantung dari besar kecilnya tempat penampungan air anda dan biasanya 50 liter = 1 daun ketapang) dan masukan 1 genggam garam khusus ikan ( 1 genggam garam untuk 10-15 liter air). Setelah memasukan garam khusus ikan dan daun ketapang, maka aduklah air tersebut sampai garam larut dalam air. Diamkan air selama 2 hari dan setelah 2 hari, maka air tersebut sudah siap pakai. Air akan berwarna sedikit kecoklatan apabila terlalu banyak menggunakan daun ketapang. Saya secara pribadi sudah melakukan cara ini selama 1 tahun lebih dan hasilnya sangat bagus. Ikan juga jarang sakit dan tetap sehat.


Cara Modern
Cara modern lebih rumit dan memakan banyak biaya. Biaya yang diperkirakan mencapai Rp1.500.000. Biaya tersebut digunakan untuk membeli peralatan dan bahan untuk menjernihkan air. Bahan yang digunakan berupa bebatuan yang biasa dapat dibeli pada toko ikan. Selain bebatuan, kapas yang digunakan untuk menyaring kotoran air. Arang kelapa untuk menyaring air, alat pompa air, dan selang. Air yang dihasilkan akan sangat jernih dan mengandung zat yang baik untuk pertumbuhan ikan. Alat yang perlu disediakan sebagai berikut :


  1. Garam khusus untuk ikan
  2. Selang
  3. Mesin pompa air
  4. Kapas akuarium
  5. Batuan yang digunakan untuk menyaring air (dapat dibeli pada toko ikan)
  6. Tempat penampungan air besar dan kecil
  7. Ampas arang kelapa


Ampas arang kelapa



Setelah melihat gambar di atas, maka lakukanlah hal seperti berikut :


  1. Susunlah peralatan anda seperti gambar di atas ( sesuai dengan yang kalian mau ).
  2. Isi air sampai penuh pada tempat penampungan air yang besar.
  3. Susunlah bahan penyaring air sesuai dengan gambar di atas.
  4. Nyalakan mesin pompa air dan biarkan selama kurang lebih 8 jam.
  5. Setelah 8 jam berlalu, air sudah siap digunakan


Air hasil penyaringan yang menggunakan metode modern akan sangat jernih dan mengandung zat yang baik untuk ikan. Dari hasil percobaan yang dilakukan oleh teman saya, ikan yang menggunakan air hasil penyaringan lebih cerah dan jarang sakit. Hal yang perlu diingat adalah, air yang akan digunakan harus tetap diberi sedikit garam. Ikan yang sehat berasal dari air yang bersih dan makanan yang bebas penyakit.











































































































































































Add to Cart

[8] Cara Mempersiapkan Air yang Baik Untuk Ikan Cupang

0 komentar: