Cara Merawat Ikan Cupang

Pada sesi ini, saya akan membagikan sedikit pengalaman saya selama merawat ikan cupang. Selama saya merawat dan memelihara ikan cupang, jarang saya melihat ikan saya jatuh sakit. Sebenarnya merawat ikan cupang itu gampang-gampang susah. Kita tidak perlu repot membeli obat dengan berbagai macam merk, karena yang perlu dilakukan adalah mengubah cara kita merawat ikan. Pertama kita harus disiplin dan rajin. Kenapa harus rajin dan disiplin?? Alinea baru dibawah ini akan menjawab semuanya...

  1. Rajin dan disiplin bisa merupakan kunci keberhasilan anda dalam merawat ikan cupang. Dengan sifat yang rajin mencari sumber makanan untuk ikan cupang, berarti kalian sudah bisa membantu ikan cupang bertahan hidup dan dengan sifat disiplin, kalian akan memberi makan ikan tepat waktu. Jika kalian sudah bisa memberi makan ikan cupang tepat waktu, kalian sudah menjauhkan penyakit busung lapar yang akan menyerang ikan kalian.
  2. Rajin dan disiplin bisa dijadikan alat atau bekal untuk kalian menjaga kebersihan air dan akuarium. Apabila kalian dapat menjaga air tetap bersih, sudah dipastikan ikan kalian akan jauh dari berbagai macam penyakit..


Dengan dua sifat di atas, kalian sudah 50% merupakan peternak yang baik. Dengan dua sifat diatas saja belum cukup, masih ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merawat ikan cupang yaitu :

  1. Bagi yang belum tahu saja, mungkin para master sudah pada tahu. Tapi tidak ada salahnya saya mencantumkannya disini. Dilarang keras menggunakan air PDAM atau PAM secara langsung tanpa diendapkan selama 1-2 hari. karena secara pribadi dulu saya mengalami hal ini dan banyak ikan cupang saya yang mati dan jatuh sakit. Hal ini di karenakan air yang berasal dari PAM dan PDAM mengandung banyak kaporit, khususnya di indonesia.
  2. Berikan sedikit garam kedalam akuarium (garam khusus untuk ikan), yang dijual oleh toko ikan. Hal ini dilakukan agar ikan cupang tidak mudah terserang penyakit jamur.
  3. Gunakan daun yang berasal dari tanaman ketapang. Daun yang digunakan haruslah yang sudah tua dan sudah kering dan apabila ditekan bisa mengeluarkan bunyi seperti krupuk yang garing. Daun ketapang akan membuat air berwarna sedikit coklat. Daun ketapang berfungsi sebagai penetral ph air sehingga ikan tidak mudah stress. Ketapang juga sebagai obat alami untuk ikan cupang, karena cairan ketapang mengandung zat yang baik untuk ikan.
  4. Kalau anda rajin, sedotlah kotoran ikan yang ada dengan menggunakan selang kecil tiap 2-3 hari sekali, agar mencegah pertumbuhan bakteri yang berasal dari kotoran ikan dan isilah sedikit air baru seperti semula.
  5. Ganti air ikan cupang anda secara full setiap 1-2 minggu sekali (tergantung dari kondisi air yang ada pada aquarium dan tergantung juga dari besar kecilnya aquarium yang di pakai). Jangan lupa membersihkan akuarium sampai benar-benar bersih sebelum dipakai kembali.
  6. Jangan memberi makan ikan cupang secara berlebihan. Pastikan ikan kalian memakan habis makanan yang diberi saat itu juga karena makanan sisa akan mencemari kualitas air akuarium.
  7. Setiap selesai memberi makan, cobalah untuk membuka sekat, atau batas penghalang tiap aquarium selama 5 menit, agar ikan cupang bisa meregangkan otot-otot ekor dan sirip, sehingga keindahan dari ikan tetap terjaga dan sekalian melatih keberanian ikan.
  8. Terakhir, kalau kalian memang sempat merawat ikan cupang anda dengan waktu yang lebih, maka usahakan memberi makan cupang anda 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari agar bentuk ikan anda tetap proporsional


Dengan mengetahui hal diatas, sekarang kalian sudah 80% menjadi peternak ikan cupang yang baik. 20% tergantung dari cara kalian mempraktekan hal tersebut. Jika ada saran dari teman-teman, silahkan pm ke saya, dan saya akan mencantumkannya pada halaman ini. Semoga kalian semua berhasil dan menjadi peternak yang hebat. Jika masih ingin membaca artikel yang lain, silahkan pilih topik yang kalian inginkan dan klik pada link yang sudah tersedia. Happy Breeding!!













































Add to Cart

[3] Cara Merawat Ikan Cupang

0 komentar: