Makanan Alternatif Ikan Cupang

Musim hujan merupakan ancaman bagi seorang peternak ikan cupang. Pada musim hujan, peternak ikan cupang akan kesulitan dalam mencari sumber makanan untuk ikan. Musim hujan juga akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan populasi kutu air. Banyak peternak ikan yang mencari cara alternatif untuk memenuhi kebutuhan ikan mereka. Maka dari itu saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara membuat makanan alternatif untuk ikan cupang. Bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat makanan alternatif ikan cupang adalah sebagai berikut


  1. 1 butir telur ayam
  2. Air dan garpu atau sendok
  3. Mangkok
  4. Kompor gas
  5. Wajan


Saya yakin kalian semua bisa menyediakan bahan yang tertera di atas dengan mudah. Perlu anda ketahui juga, ada 2 macam atau jenis makanan alternatif yang akan saya berikan kepada kalian yaitu :


  1. Makanan alternatif untuk ikan cupang dewasa disebut dengan telur kukus.
  2. Makanan alternatif untuk burayak ikan cupang biasa disebut kuning telur.


Pertama-tama saya akan menjelaskan cara membuat Steamed Egg. Cara penyajian sangatlah mudah. Silahkan ikuti gambar di bawah ini.




  1. Siapkan 1 telur yang akan digunakan sebagai bahan utama pembuatan makanan alternatif ikan cupang.
  2. Pecahkan telur kedalam mangkuk yang sudah disediakan, lalu campurkan sedikit air putih ke dalam mangkok tersebut.
  3. Setelah itu, kocok telur tersebut hingga merata dan kental kurang lebih 1-2 menit
  4. mangkuk yang berisi telur tersebut diletakkan pada wajan yang sudah diisi air. Pengisian air cukup sampai 1/2 dari tinggi mangkuk.
  5. Letakan wajan di kompor yang menyala dan tutup wajan tersebut. Biarkan telur tersebut dikukus kurang lebih 17 menit.
  6. Setelah selesai mengukus, maka makanan siap disajikan untuk cupang kesayangan anda, tapi perlu di ingat, beri sedikit demi sedikit agar tidak kebanyakan dan tenggelam didasar aquarium ikan dan agar tidak mencemari air yang berada di dalam aquarium


Begitulah penjelasan saya mengenai cara membuat makanan alternatif untuk ikan cupang dewasa. Lalu bagaimana membuat makanan burayak ikan cupang? Caranya lebih gampang dibanding membuat makanan ikan cupang dewasa. Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :


  • 1 Butir Telur
  • Air
  • Wajan
  • Kompor


Cara pembuatan kuning telur di lakukan dengan cara merebus telur sampai matang. Saya yakin kalian yang membaca artikel ini sudah tau cara merebus telur, jadi tidak perlu saya mengambil gambar dari google untuk menjelaskannya. Jika telur yang kalian rebus sudah matang, maka kupaslah telur tersebut dan kalian boleh makan putih telurnya, tapi sisakan Kuning telurnya saja (Yolk) seperti gambar berikut ini :



Supaya kalian tidak salah dan bingung, saya akan menjelaskan takaran yang pas untuk 1 wadah burayak ikan cupang. Kalian dapat mengikuti langkah berikut ini :


  1. Ambilah pinggiran kuning telur tersebut sebesar biji beras atau biji gandum.
  2. Simpan di atas sendok, dan teteskan sedikit air.
  3. Kuning telur yang sudah dibasahi tersebut ditekan sampai gepeng dan hancur sehingga air tersebut berubah seperti air yang berwarna kuning.
  4. Teteskan kuning telur yang sudah dicampur tadi ke dalam wadah burayak (cukup 1-3 tetes pada tempat yang berbeda) atau kalian bisa menggunakan telunjuk tangan kalian secara langsung. Caranya sangat mudah, anda cukup menempelkan jari anda ke dalam campuran kuning telur tadi lalu masukan tangan kalian ke dalam wadah burayak secara perlahan.
  5. PERINGATAN!! Pemberian kuning telur yang terlalu banyak dapat mencemari air, dan bisa berakibat kematian bagi burayak ikan. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan burayak ikan cupang anda.


Catatan : Bagaimanapun juga, Makanan yang berasal dari alam lebih baik dibanding dengan makanan yang dibuat oleh kita.

Tips lain : Supaya ikan cupang mau memakan pelet yang biasa dimakan oleh ikan guppy, caranya mudah, ikuti langkah berikut :


  1. Tips lain : Supaya ikan cupang mau memakan pelet yang biasa dimakan oleh ikan guppy, caranya mudah, ikuti langkah berikut :
  2. Setelah memasuki hari ke 4, coba beri 1 biji pelet dan lihat reaks ikan cupang anda.
  3. Apabila reaksinya masih kurang bagus dan tidak mau makan, maka biarkan ikan puasa 1 hari lagi
  4. Jika pada hari kelima ikan masih tetap tidak mau memakan pelet yang anda berikan, maka jangan memaksa ikan untuk memakan pelet.
  5. Perlu di ingat, pemberian pelet terus menerus bisa mempengaruhi warna pada ikan dan biasanya warna ikan menjadi tidak cerah dan terlihat pucat seperti sakit dan air juga cepat menjadi kotor.


NB : Tidak semua ikan cupang bisa dilatih untuk memakan pelet. Lebih baik memberi makan ikan anda dengan pakan hidup dibanding pelet!!!




































































































































Add to Cart

[7] Makanan Alternatif Ikan Cupang

0 komentar: